Sabtu, 15 Januari 2011

Robot Anjing

Pernahkah anda mendengar tentang robot anjing? Ya, robot ini dibuat berbentuk persis seperti anjing aslinya. Apalagi dengan kecanggihan teknologi di zaman ini, tidak ada hal yang tidak mungkin. Bahkan membuat robot anjing yang tingkah polahnya meniru anjing aslinya.
Ada dua negara di dunia yang memiliki teknologi maju dan kesempatan untuk membuat robot. Yaitu Amerika Serikat dan Jepang. Amerika Serikat telah sukses membuat robot anjing yang dinamakan BigDog. Robot ini diciptakan untuk membantu para prajurit tentara Amerika Serikat bertempur di medan perang.
BigDog sangat patuh, kuat, pintar dan tentu saja tidak pernah merasa lelah. BigDog memiliki satu kelebihan lain yaitu tidak perlu diberi makan dan minum, cukup bahan bakar saja.  DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) adalah badan yang bertanggung jawab pada proyek robot ini. BigDog digunakan untuk membantu mengangkat peralatan militer AS.
Sedangkan robot bikinan Jepang dimaksudkan untuk penggunaan bagi masyarakat umum. Ada Robovie mR2 dan Robovie R2 keduanya adalah robot lucu yang memiliki hati iPod Touch. Robovie mR2 lebih kecil ukurannya daripada R2, selain itu robot ini bisa ditaruh di atas meja.
Ukurannya sekitar  30 cm tingginya, berat 2 kg dan memiliki tancapan (deck) iPod Touch di dadanya. iPod berfungsi sebagai alat komunikasi langsung berupa kamera CCD super kompak, speaker, 2 mikrofon, dan wireless game pad. Robot ini diciptakan oleh ATR (Advanced Telecommunications Research Institute) Intelligent Robotics & Communications Lab dari Jepang.

1 komentar:

  1. I was diagnosed as HEPATITIS B carrier in 2013 with fibrosis of the
    liver already present. I started on antiviral medications which
    reduced the viral load initially. After a couple of years the virus
    became resistant. I started on HEPATITIS B Herbal treatment from
    ULTIMATE LIFE CLINIC (www.ultimatelifeclinic.com) in March, 2020. Their
    treatment totally reversed the virus. I did another blood test after
    the 6 months long treatment and tested negative to the virus. Amazing
    treatment! This treatment is a breakthrough for all HBV carriers.

    BalasHapus