Sabtu, 15 Januari 2011

Robot Jurnalis

Tokyo, JAPAN - Sebuah robot jurnalis tengah dibuat oleh peneliti dari Intelligent Systems Informatics Lab, Tokyo University. Namanya juga robot jurnalis, ia mampu mendeteksi dan mencari tahu perubahan di sekitarnya serta melaporkan temuannya.

Robot ini mendeteksi perubahan sekitarnya, memutuskan jika mereka menjangkau dan kemudian mengambil gambar dengan kamera internal. Ia bisa juga menggali informasi dari orang sekitarnya, dan menggunakan pencarian di internet untuk mengetahui pemahaman mengenai sekitarnya.

Jika sesuatu muncul layak berita, robot ini akan menulis artikel singkat dan mempublikasikannya di web. Charlie Catlett, dari Argonne National Labs, sangat tertarik dengan bot, dan dia menyampaikannya dalam sejumlah pertemuan dalam the Information Processing Society di Japan. Dengan mengkombinasikan dunia nyata dan pencarian internet, robot jurnalis akan menjadi sistem otomatis. Berikan sedikit waktu, dan robot akan menjadi aset bernilai bagi penyedia jasa berita dimanapun.

Robot jurnalis mejadi fenomena tersendiri. Ini merupakan robot pertama yang mengumpulkan informasi dari orang disekitar, layaknya jurnalisme nyata. Meskipun robot ini masih dalam bentuk primitif. Kalau seperti ini, robot berpeluang menggantikan jurnalis dalam mereportase tempat berbahaya, seperti dalam perang.

Pada 2002, MIT Amerika membuat robot pengkover perang Afghanistan. Robot baru ini menggunakan operasi tele, tapi Robot Jurnalis secara otomatis. Mungkin di masa depan, jurnalis harus bersiap-siap kehilangan pekerjaan, apabila robot tersebut sudah bisa mengambil gambar, riset sendiri, wawancara saksi mata, dan bekerja dibawah tekanan luar biasa
(Sumber: tempointeraktif.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar